Selasa, 31 Desember 2013

GAMBAR DENGAN DARAH


'Bersemai Hati Korup&Tega' 31Des2013
Drawing with my own Blood. Finalized with marker/watercolor.

Sore itu jempol kiri saya tersayat dan berdarah. Semestinya, melindungi anak dari benda tajam-dia aman,saya apatah dikata. Saat darah menetes, merontaksontak mau menggambar dengan darah. Lalu meraih 'monthly calendar' saya (bejana menulis rencana-rencana kesenian) dan saya balurkan darah di atas bulan penghabisan di 2013. Tentunya sulit mengonsep saat itu, lalu 'skull' paling mudah diguratkan. Setelah nyata, darah harus dihentikan sebelum drakula-drakula malam tahun baru bergentayangan mencium aroma. Dalam jam-jam menuju bising petasan dan terompet tahun baru, saya memfinalisasikan gambar menjijikkan ini. Lalu melesat dikepala, simbol  tentang hati-hati yang terbalik (simbol nurani kebolak). Dan betapa memukul perasaan saya pada koruptor-koruptor  yang kehilangan hatinurani, tanpa ucap pertobatan serta masih menyebut keagungan asma Allah dijeruji besinya. Gambar yang terlihat anomali,menjijikan ini justru sebagai tribute untuk perjuangan KPK di tahun 2013. Well, anak-anak kita masih memiliki harapan di tahun 2014 dan tahun baru lain...

Tidak ada komentar: