Senin, 22 Oktober 2012

HOMAGE TO HOEGENG




'Kubukan Boneka Serdadu'.
Homage to General Hoegeng.
Watercolor on Piano Songbook sheet vintage.
Oct 14th, 2012. I've made this drawing on his birthday.


...7 jam saya buat. Pas adzan zuhur berkumandang dari surau depan rumah, lukisan ini sudah terbingkai tuntas.Usai mengorbit & melepas sarung, lalu saya berangkat untuk dipamerkan pertama di ArtMarket  yang bersamaan waktunya dengan hari ultah Pak Hoegeng almarhum.

Saya inget waktu kecil. dia nyanyi hawai di TVRI buat nafkahin keluarga. Sebelumnya dia adalah seorang Kapolri yang terjujur di Indonesia yang pernah ada dan disingkirkan regim. Konon dipecat oleh Soeharto krn mengusut kasus Sum Kuning, korupnya RobyCahyadi. Gaji pensiunnya 10,000 aja. Kata ortu saya, ditawarin Mr.Soeharto jadi Dubes dia gak mau. Katanya: "saya polisi, bukan politisi!". Buat makan, dia nyanyi Hawaii dan nerima pesenan melukis (kedua hobinya). Tapi saya belum nemu lukisannya tipe apa (mungkin portrait). Polisi yang melukis, hmmm mungkin karena itu ia punya ' Hati Nurani' bukan 'Otak Makelar'. Mungkin kurikulum polisi musti digalakkan/ditambah: nyanyi dan melukis, biar termaintain hati mereka lebih halus dan peka...

Tidak ada komentar: